Kamis, 10 Januari 2013

Peralatan Jaringan



MACAM-MACAM PERALATAN JARINGAN KOMPUTER

Mengenal Perangkat Jaringan Kabel (Network)

Sebelum anda membangun sebuah jaringan (network) di rumah, universitas maupun kantor, sebaiknya terlebih dahulu anda mengetahui dan memahami peralatan atau perangkat yang akan anda gunakan. Untuk itu saya akan memberikan penjelasan mengenai pengertian dan fungsi masing-masing perangkat jaringan tersebut.

1. NIC (Network Interface Controller)


 


Gambar Ethernet PCI Card

NIC (Network Interface Controller) atau sering disebut Network Interface Card adalah perangkat keras pada komputer yang digunakan untuk menghubungkan antara komputer yang satu dengan lainnya menggunakan kabel data jaringan (network). Perangkat ini biasanya dihubungkan ke slot PCI maupun ISA pada motherboard, namun saat ini setiap motherboard sudah terintegrasi dengan perangkat tersebut. 
 
2. Ethernet Hub



                                                                     
Gambar Ethernet Hub


Ethernet Hub adalah alat untuk menghubungkan beberapa perangkat Ethernet bersama-sama dan membuat mereka bertindak sebagai segmen jaringan tunggal. Hub bekerja pada lapisan fisik (layer 1) dari OSI model. Perangkat tersebut adalah bentuk repeater multiport. Hub Repeater juga berpartisipasi dalam pendeteksi tabrakan, forwarding jam signal untuk semua port jika terdeteksi adanya tabrakan.
Beberapa Hub ada yang dilengkapi dengan konektor BNC maupun  Attachment Unit Interface (AUI)  untuk memungkinkan koneksi ke segmen jaringan 10BASE2 atau 10BASE5. Dengan murahnya harga switch jaringan yang diberikan sebagian besar hub model lama tetapi alat tersebut masih terlihat dalam instalasi yang terdahulu dan lebih dikhususkan untuk aplikasi tertentu. 


 3. Network switch

                                                                        
Gambar Network switch

Network switch atau switching hub adalah perangkat jaringan komputer yang menghubungkan segmen jaringan. Istilah ini umumnya mengacu pada sebuah jembatan multi-port jaringan yang proses dan rute data pada layer data link (layer 2) dari OSI model. Switch selain itu juga memproses data pada layer jaringan (Layer 3) dan di atas sering disebut sebagai switch lapisan 3 atau multilayer switch. Switch Ethernet pertama diperkenalkan oleh Kalpana pada tahun 1990.
        Switch jaringan berperan pada bagian integral dalam Ethernet paling modern local area network (LAN). LAN ukuran menengah ke atas terdiri dari sejumlah switch yang dikelola bersamaan. Aplikasi Small Office/Home Office (SOHO) biasanya menggunakan switch tunggal,tujuannya mengumpulkan perangkat residental gateway untuk mengakses layanan broadband di kantor/rumah seperti DSL atau internet kabel.


4. Router





                                                                      

                                                                 Gambar Router                               


 Router adalah sebuah alat yang meneruskan paket data antara komputer jaringan, menciptakan overlay internetwork. Router terhubung ke dua atau lebih jalur data dari jaringan yang berbeda. Ketika paket data masuk pada salah satu jalur, router membaca informasi alamat di paket untuk menentukan tujuan akhir. Kemudian, itu menggunakan informasi di tabel routing atau routing policy, lalu mengarahkan paket ke jaringan berikutnya pada perjalanannya. Router melakukan fungsi "mengarahkan lalu lintas" di Internet. Paket data biasanya diteruskan dari router satu sama lain melalui jaringan yang merupakan internetwork sampai sampai ke node tujuan yang dituju.

Jenis router yang awam kita ketahui adalah router di rumah dan kantor yang hanya  meneruskan data, seperti halaman web dan email antara komputer rumah dan pemilik kabel atau DSL modem, yang terhubung ke Internet Service Provider (ISP). Namun router yang lebih canggih biasanya berasal dari perusahaan router, yang menghubungkan bisnis besar atau ISP jaringan menuju router inti berkekautan besar yang meneruskan data kecepatan tinggi sepanjang jalur serat optik Internet backbone.

A.    Router
            Router sering digunakan untuk menghubungkan beberapa network. Baik network yang sama maupun berbeda dari segi teknologinya. Router juga digunakan untuk membagi network besar menjadi beberapa buah subnetwork (network-network kecil). Setiap subnetwork seolah-olah "terisolir" dari network lain. Hal ini dapat membagi-bagi traffic yang akan berdampak positif pada performa network.
Sebuah router memiliki kemampuan routing. Artinya router secara cerdas dapat mengetahui kemana rute perjalanan informasi (yang disebut packet) akan dilewatkan. Apakah ditujukan untuk host lain yang satu network atau berbeda network.

5. Repeater






Ketika suatu isyarat melintas sepanjang kabel, isyarat tersebut cenderung mengalami penurunan kekuatan atau daya. Repeater adalah alat yang dapat menguatkan (boost) isyarat jaringan yang melintasinya.



6. Bridge


Bridge digunakan untuk memecah jaringan yang besar menjadi beberapa segmen jaringan yang lebih kecil. Jaringan-jaringan kecil tersebut dihubungkan oleh suatu bridge. Bridge bekerja pada lapisan datalink. Bridge mampu mengenal alamat MAC. Bridge memiliki tabel penerjemah yang secara otomatis membuat daftar alamat MAC dari komputer yang berada di jaringan. Dengan menggunakan tabel alamat ini, bridge meneruskan data ke alamat MAC komputer yang dituju.



7. Modem


  1. Modem Internal
yaitu modem yang dipasang didalam komputer.


2. Modem External

yaitu modem yang dipasang di luar komputer.
Modem berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog,atau sebaliknya,sehinmgga dapat dimengerti oleh bahasa mesin.modem biasanya digunakan untuk koneksi memalui saluran telepon.

 8. Access Point


                                                               Access point

Atau juga dapat disingkat AP merupakan sebuah perangkat jaringan yang digunakan untuk melakukan transmisi data dengan tanpa adanya kabel (wireless). AP biasanya menghubungkan ke router atau switch/hub. Perangkat ini memerlukan konfigurasi sebelum dapat digunakan, AP swajarnya dapat dikonfigurasi sebagai pemancar, penerima, atau router. Di dalam AP biasanya sudah terdapat sebuah keamanan, yaitu WPA-PSK, WPA2, IEEE 802.1x/RADIUS, WDS, WEP, TKIP, dan CCMP (AES) encryption.

9. Modem ADSL

                                                   Modem ADSL

Modem ADSL atau modem DSL adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau router ke saluran telepon, untuk menggunakan layanan ADSL. Modem ADSL sama halnya dengan modem lainnya, yaitu sebagai penerima data.

10. Kabel UTP


              Kabel UTP

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah suatu kabel yang digunakan sebagai media penghubung antar computer dan peralatan jaringan (hub atau switch). Kabel UTP merupakan salah satu kabel yang paling popular saat yang di gunakan untuk membuat jaringan computer. Dibandingkan dengan kabel lain kabel UTP merupakan kabel yang sering di pakai untuk membuat jaringan computer.

      11. Kabel STP

Kabel STP

Kabel STP (Shielded Twisted Pair) adalah kabel pasangan berpilin yang memiliki perlindungan dari logam untuk melindungi kabel dari intereferensi elektromagnetik luar. Harga dari kabel STP lebih mahal dibandingkan dengan kabel UTP, karena kabel STP menggunakan pelindung yang lebih aman, jika digunakan dalam luar ruangan.

           12.KABEL RJ 45


RJ 45 adalah konektor kabel Ethernet yang biasa digunakan dalam topologi jaringan komputer LAN maupun jaringan komputer tipe lainnya.

Konektor kabel RJ 45 Mediatech memiliki konfigurasi tiga macam, sesuai dengan perangkat yang ingin dihubungkannya:

. Straight Through Configuration

Kabel jenis ini biasa digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan dengan tingkat hierarki yang berbeda. Sebagai contoh adalah ketika kita menghubungkan PC ke jaringan komputer kita di kantor lewat switch. Tipe kabel jenis ini lebih umum digunakan dan relatif lebih mudah dalam penyusunan kabelnya saat memasang konektor RJ-45.



13.COAXIAL

Beberapa jenis kabel Coaxial lebih besar dari pada yang lain. Makin besar kabel, makin besar kapasitas datanya, lebih jauh jarak jangkauannya dan tidak begitu sensitif terhadap interferensi listrik.Kabel coaxial digunakan pada Ethernet 10Base2 dan 10Base5 beberapa tahun yang lalu. 10Base5 mengacu pada thicknet sementara 10Base2 mengacu pada thinnet sebab 10Base5 dulu menggunakan kabel coaxial yang lebih tebal.


Awalnya Ethernet mendasakan jaringannya pada Kabel coaxial yang mana bisa membentang sampai 500 meter dalam satu segmen. Kabel coaxial ini mahal, dan maksimum hanya sampai kecepatan 10Mbps saja. Kabel coaxial ini sekarang sudah tidak popular.


Untuk coaxial cable, dikenal dua jenis, yaitu thick coaxial cable (mempunyai diameter lumayan besar) dan thin coaxial cable (mempunyai diameter lebih kecil), DLL




 

 



 




 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar